Service Genset Bensin - Tune Up

Share & Comment

SERVICE TUNE UP - Genset HONDA

Service Genset Bensin - Tune Up

Ada beberapa customer yang mengeluh dengan kondisi Gensetnya biasanya adalah keluhan seperti mesin Genset yang tidak kuat dan tidak stabil - dulu masih bisa pakai genset buat listrik tapi sekarang tidak kuat lagi - Mesin suka nembak dan suaranya kasar. Untuk keluhan dan masalah yang terjadi pada contoh tadi diperlukan pekerjaan Service tune up pada mesin Genset Bensin HONDA anda.
Pada umunya jika tidak terjadi masalah tindakan perawatan pada Genset umumnya hanya pada pekerjaan Service ringan Genset Bensin HONDA seperti Ganti Oli + Busi + Bersihkan Karburator.

4 Lingkup Cara Service Tune Up Genset Bensin HONDA

Tujuan pekerjaan Tune Up pada Mesin Genset HONDA adalah untuk mengembalikan setelan pada mesin Genset sesuai standar dari pabrikan. Juga menjaga performa mesin Genset Bensin dan siap pakai saat digunakan
Ada 4 cara pekerjaan Service Tune Up pada Genset di antaranya :

1. Stel Valve INTAKE EXHAUST
2. Stel Koil Pengapian BUSI
3. Stel Karburator RPM mesin
4. Stel Tegangan Genset 

Pada artikel ini akan di bahas mengenai cara stel valve - tune up pada mesin Genset bensin merk HONDA baik type GX 160 dan GX 390 atau biasa dalam watt 2000 watt dan 5000 watt.

Service Genset HONDA - Stel Valve

Berikut ini tutorial atau cara melakukan pekerjaan stel valve pada mesin Genset bensin merk HONDA pastikan anda sudah memiliki persiapan alat2 berikut :
- Feeler gauge
- Kunci pas ring 10 + 14 dan obeng min
- Kunci T / Sock 10 + adaptor
- Kunci Busi ukuran sock 22

1. Cara Stel Valve Genset Bensin - HONDA ( cover valve )

Buka tutup / cover valve pada mesin yang bertulis OHV ada 1 baut pada Genset 5000 watt dan ada 4 baut pada Genset 2000 watt menggunakan kunci 10 setelah terbuka pastikan packing tidak rusak atau robek untuk mencegah kebocoran oli pada saat Genset Hidup.
Kemudian buka / lepas busi dengan menggunakan kunci Busi agar lebih mudah saat memutar mesin dengan tangan karena tidak ada kompresi jika busi di buka sekalian anda cek kondisi Busi dan kbael kepala busi apakah berkarat - rusak dan kendor.
Service Genset Bensin - Tune Up

2. Cara Stel Valve Genset Bensin - HONDA ( cover flywheel )

Langkah selanjutnya buka handle tarikan manual Genset atau biasa disebut recoil starter letaknya aad di depan mesin Gesnet yang ada tarikan talinya untuk menghidupkan Genset dengan cara manual.
Ada 3 baut 10 keliling pada casing tarikannya lebih mudah membuka dengan menggunakan Kunci T
Service Genset Bensin - Tune Up

3. Cara Stel Valve Genset Bensin - HONDA ( posisi TDC )

Gunakan tangan untuk memutar engkol pada mesin seharusnya ringan dan tidak berat cukup dengan satu tangan saja biasanya saya pakai tangan kanan. Pada besi engkol terdapat coakan atau marker kemudian putar handle dan arahkan marker tersebut pada lobang di bagian atas mesin terdapat coakan / marker juga dan pastikan sudah sejajar / lurus. Langkah tersebut untuk menempatkan piston pada posisi TDC / titik mati atas piston jika sudah cek pada valve intaka dan exhaust seharusnya terdapat renggang jika digoyang tangan.
Cara di atas sebaiknya dilakukan untuk anda yang belum terbiasa mencari TDC untuk penyetelan valve intake / exhaust jika anda sudah terbiasa bisa juga tanpa harus membongkar cover flywheel cukup dengan menggunakan obeng dan dimasukan ke posisi piston kemudian putar engkol mesin perlahan sambil melihat posisi valve bergerak patokannya adalah saat katup intake ke bawah dan naik ke atas obeng akan terdorong piston dan jika sudah pada posisi atas obeng akan terasa turun kebawah putar kembali kablikannya dan posisikan saat obeng sebelum posisi atas.
Service Genset Bensin - Tune Up

4. Cara Stel Valve Genset Bensin - Stel Katup

Kemudian ambil feeler dan cari feeler pada angka 0.02mm utnuk menyetel katup intake dan exhaust.
Kendorakan baut valve dengan kunci 10 dan 14 jika sudah masukan feller pada selah katup dan per kemudian putar dengan obeng dan gunakan feeling anda agar tidak terlalu rapat atau longgar, jika sudah yakin kencnagkan baut pengikat valve tadi dengan kunci 10 dan 14.
Service Genset Bensin - Tune Up

Jika belum yakin cek kembali kerjaan anda dan jika sudah pasang kembali tutup mesin dan tutup flywheel / tarikan manual Genset kemudian coba hidupkan mesin Genset.
Demikian cara stel valve pada mesin Genset Bensin merk - HONDA untuk tutorial pekerjaan Service Genset lainnya bisa dilihat pada link di atas sesuai judulnya.
Atau anda bisa menghubungi saya di nomor HP / WA : 0812-8330-9922 untuk Jasa Service Genset Panggilan ke lokasi anda informasi via WA bisa klik link dibawah ini :

THANK YOU - TERIMA KASIH
Tags: , , , ,

Written by

SERVICE GENSET : Jasa perawatan dan perbaikan Genset - Panel ATS AMF Installasi Sound proofing untuk informasi selanjutnya silahkan hub : 081283309922 / email dieseltekno@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts

SERVICE GENSET

Copyright © SERVICE GENSET | Designed by Templateism.com